Lompat ke isi utama

Berita

Perayaan HUT ke-16 Bawaslu: Serangkaian Kegiatan dari Upacara hingga Pameran Foto

HUT Bawaslu ke 16

Flyer HUT Bawaslu ke 16

Jakarta - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) merayakan tahun ke-16 sejak didirikannya dengan serangkaian aktivitas yang melibatkan Bawaslu di setiap daerah. Seluruh jajaran Bawaslu memulai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 pada 25 Maret 2024 dengan sebuah upacara.

HUT Bawaslu yang ke-16 bertepatan dengan tanggal 9 April 2024, sehari sebelum Idul Fitri 1445 Hijriyah. Dalam rangka perayaan ini, Bawaslu mengadakan berbagai kegiatan promosi melalui media sosial di berbagai tingkatan, termasuk penggunaan flyer, twibbon, video pendek, dan ucapan dari berbagai stakeholder.

9 April dianggap sebagai tanggal penting karena pada hari itu, di tahun 2008, Bawaslu didirikan sebagai lembaga pengawasan pemilu permanen, sesuai dengan Pasal 70 ayat (2) UU Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum, dan hari itu juga menandai pelantikan 5 komisioner Bawaslu periode pertama.

Perayaan dilanjutkan pada 16 April 2024, hari pertama setelah kembali bekerja, dengan upacara dan tasyakuran di semua tingkat Bawaslu, termasuk upacara di lapangan parkir kantor Bawaslu RI. Pada tasyakuran tersebut, ada pemotongan tumpeng, pemberian Satya Lencana, peluncuran dana kerahiman, dan santunan untuk keluarga pengawas pemilu yang meninggal saat bertugas.

Acara ini akan disiarkan secara langsung melalui akun youtube Bawaslu RI. Diketahui bahwa sebanyak 27 pengawas pemilu meninggal saat bertugas pada pemilu 2024, 71 mengalami kecelakaan, 147 dirawat inap dan 1.077 mendapat perawatan jalan.

Acara puncak HUT ke-16 Bawaslu direncanakan pada tanggal 21 April 2024 dengan jalan sehat dan pameran dari 38 stand Bawaslu Provinsi di depan kantor Bawaslu RI.

Penulis : Humas Bawaslu Kabupaten Pati

Foto: Screenshot HUT Bawaslu RI

Tag
Bawaslu
HUT Bawaslu
Pameran Foto
Pameran Bawaslu